lebaran haji

04.27

Hari raya dirumah
Hari ini tanggal 10 dzulhijjah 1435 hijriah, adalah lebaran haji yang telah lama gua nantikan, karena baru akan gua rayain di rumah, kenapa begitu? berhubung gua adalah anak malang yang dititipkan orangtuanya kepada salah satu pondok pesantren di jawabarat maka  setelah kurang lebih selama 7 tahun terakhir gua rayain di pondok pesantren, oh shit!!.
 sebenarnya gak ada yang istimewa bagi gua mau ngerayain di rumah ataupun di pondok, karena toh sama aja gua pasti akhirnya makan daging juga walaupun ada sedikit perbedaan mendasar pada kalimat makan dipesantren dan makan dirumah yaitu adalah sekedarnya atau semaunya, perlu gua informasikan mungkin bagi yang pernah mondok akan terasa lumrah namun bagi yang ngak tau tentang pondok mungkin menjadi masalah, ya jadi begini *serius
“pondok merupakan wahana bermain belajar dengn pendidikan karakter yang dahsyat, dengan mengedepankan nilai2 islam yang berlandaskan 1. Ketuhanan yang maha esa 2. Persatuan indonesia ok skip aja bagian ini!.
Jadi karena banyak orang yang tingal dipondok maka lu harus ditertibkan dengan peraturan yang dibebani setiap jiwa *geblekk maka JATAH merupakan jalan yang baik untuk menertibkan para santri, baik ketika makan, mandi, maupun tidur semua dijatah waktu, tempat dan porsinya maka kata yang tepat bagi pondok adalah SEKEDARNYA, karena gua lebaran haji dirumah tahun ini maka kata yang tepat bagi gua ketika makan adalah SEMAUNYA *haha ketawa licik
Tapi sebenarnya kalau mau diungkit2 banyak juga sih perbedaannya ngerayain lebaran dipondok dan dirumah, agar mudah dicerna maka gua ringkas sebagai berikut
1.      1. Tanggung jawab
Gua gak inget 5 tahun terakhir gua dipondok, yang gua inget adalah dua tahun terakhirnya, yaitu ketika gua mengeemban amanah sebagai panitia qurban, dan pengalaman pahitnya adalah ketika gua harus menjadi panitia penanggung jawab bagian jerooan, jerooan brooo! Busyet dah, dan yang perlu lu catet adalah ketika itu jumlah qurban dipondok gua ada 15 ekor sapi dan 150 kambing, itu pengalaman pahit yang gak mau gua inget2 lagi, bayangin bro elu harus bulak balik kesungai kali membawa gerobak yang penuh jeroaan kambing dan sapi lalu elu seset dan lu keluarin semua  ee’ nya trus elu bersiin deh pokoknya sampe sebersih2nya soalnya jerooan yang elu bawa juga bakal santri makan. nah Lalu tahun berikutnya tugas gua agak ringan tapi agak2 gitu deh, soalnya gua disuruh ngumpulin terpedo (baca; biji zakar) baik kambing ataupun sapi, dan sejak itu gua baru tahu ternyata terpedo itu bisa dimakan, maka untuk pertama kalinya gua sisihkan sebagian lalu gua goreng dan viola!!! Rasanya dahsyat broo.. , itu udah jadi kenangan lama bagi gua, dan alhamdulilah itu udah berlalu dua tahun lamanya, dan saat ini gua dirumah senang gak ada tanggung jawab apa2 gua free dan gua hanya fokus untuk persiapan bikin sate hahaha...
Sebenarnya gua pengen bantuin panitia qurban mushola deket rumah, Cuma gua kayaknya gak ditakdirin membantu mereka maaf yee..
2.     2.  Penonton
Penonton? Iy a betul penonton, sejak dulu pasti ada saja orang2 yang menonton atau sekedar melihat hewan qurban, bahkan kemarin saat gua jalan2 sore, dan melewati sebuah masjid didalam komplek dekat rumah,  gua melihat  banyuuak anak kecil, remaja dan ibu2 rame2 melihat atau lebih tepatnya menonton hewan2 qurban, entah apa yang mereka lihat dari hewan2 qurban itu sehingga mereka antusias menonton hewan qurban, tapi gak apa2 itu bukan masalah mendasar tapi kemungkin itulah letak hiburan orang2 jakarta yang jarang2 liat sapi ama kambing, apalagi kasian liat anak2 dan remaja masa kini yang tiap harinya hanya lihat serigala gila ditivi.
Ok sebenarnya itu bukan hal yang mau gua bahas bro, yang mau gua bahas adalah penonton saat penyembelihan, berbeda dengan dipondok yang notabene penontonnya adalah santri maka lain halnya dengan dirumah ada macam2 orang yang datang ke masjid atau mushola saat penyembelihan dengan latarbelakang berbeda, ada yang sok tau, sok mandor, sok ngatur, sok atuh!! Hehe
Tapi itu sih gak penting bagi gua, justru moment2 seperti ini gua malah menikmatinya, soalnya pandangan gua mengarah kepada kaum hawa yaitu remaja putri kampung gua yang pada keluar  dari rumah dan ikut menyaksikan penyembelihan qurban, jarang2 soalnya moment remaja putri keluar semua hehe, nah itu adalah saat2 elu bisa pura2 tabrakan dengan dalih kedorong oranglain atau hal2 konyol lainya hehehe *dont try in de home kecuali elu emang bener2 ganteng

3.       3. Dapet jatah
Ok lu pasti tau kan? Ya iyalah setiap dari kita yang hadir trus bantu2 dikit atau ikut serta berebut kupon kaum duafa pasti bisa dapet kebagian jatah daging buat dibawa pulang. Atau kalau mau lebih kece elu jadi seorang panitia qurban dadakan haha yang satu ini mungkin alternatif yang lebih terhormat. Oh iya itu kalau dirumah, lain halnya dengan dipondok, elu sama sekali gak dapat jatah daging dari panitia, karena jatah lu udah tertulis didapur santri saat waktu makan tiba. Huft sedihnya..
 Sebenarnya masih banyak hal2 kecil dan sepele yang bisa gua keluhin si, tapi apa boleh buat mata udah tinggal 5 watt, tapi hari ini ada hal yang gak gua lupain, yaitu NGATUR BAPAK2, iya itu jadi kebanggaan tersendiri bagi gua, soalnya tadi pas mau jegal sapi lantas gua berkata dengan nada menyuruh kira2 begini:
Gua: “pak itu iket kaki sapinya dari kiri dong!”
Bapak: Kenapa??
G: “kan ngambrukinnya dari samping kanan!!BEGO...!!
B: PLAK...... (gua digampar)
Haha sebenarnya gua gak tau persis percakapan yang terjadi tadi pagi, namun seenggaknya perkataan gua dipake pada saat itu, tepatnya pas ngejatohin sapi, walhasil semua mata tertuju pada gua *jadi malu lupain aja!!
sapi bali kulitnya tebel bener..

OH iya elu pasti bertanya2 kenapa gua pake kalimat LEBARAN HAJI, bukan IDUL ADHA/ IDUL QURBAN, sebernarnya bagi gua gak penting mau disebut apa, Cuma kalau idul adha atau idul qurban kayaknya terkesan lebay for expemle

Engkong: “tong idul qurban kapan?”
Gua: “besok kong!”

Bagaimana kalau diganti LEBARAN HAJI, maka jadinya begini

Engkong: “tong banguuun!!!!”
Gua: “entar dulu kong
Engkong: “SET dahelu kalo tidur dari LEBARAN MONYET ampe LEBARAN HAJI!”

Eksen betawinya dapet, dan gak lebay itu yang paling penting

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts