Air Milik Kita

07.43




Saya warga jakarta timur kampung dukuh, saat ini saya tinggal di mesir sebagai mahasiswa.  saya ingin berbagi cerita dan solusi air di indonesia. Mesir terletak dibenua afrika, walau terkenal tandus tapi sebenarnya warganya tak pernah kekurangan air, mereka sangat menjaga pemberian tuhan, kelestarian sungai nil adalah kehidupan mereka. Pemerataan kesejahteraan dari kekayaan sungai nil. Akibatnya Biaya hidup disini murah, aliran air setiap bulanya hanya 15 pound, aliran gas alam kerumah-rumah hanya 20 pound aliran listrik 15 pound 1 pound dihitung 1700 rupiah
dimesir  pasokan air bersih mengalir dirumah-rumah secara merata, kami tak pernah kehabisan air. Disetiap distrik terdapat drum besar setinggi kurang lebih 50 meter untuk mengaliri air kerumah rumah diarea tersebut. Disebabkan karena insfrastruktur yang baik mempermudah jangkauan air kesetiap rumah diberbagai distrik. Apalagi biaya murah, jadi tidak membuat warganya berfikir untuk membuat galian mesin air sendiri. Pengelolaan air dimesir dilakukan oleh pemerintah. Swastansi pemberdayaan dan pengelolaan air adalah ilegal, karena air dan sumber alam lainnya dibawah pengeleloan negara, sehingga tidak ada exploitasi sumber alam untuk kepentingan individu. Selain itu Menjaga kelestarian sungai,  dimesir sungai nil sangat dijaga kebersihanya dan kelestariaannya, orang-orang mesir sangat bersyukur dengan keberadaan nil.
Bukan hanya para pelajar yang harus belajar, pemerintah seharusnya juga banyak belajar dari pemerintah Negara lainya, sehingga kualitas Negara kita meningkat, dan mari kita Mengaca sedikit dari pemerintahan dimesir. dimana mereka sukses memasokan sumber alam gas dan air secara merata. Maka akan timbul beberapa ide dan solusi perbaikan Sehingga ada yang perlu dibenahi dijakarta

1.      Air adalah milik kita
Air adalah sumber kehidupan manusia dan seluruh mahluk dimuka bumi, seorang manusia bisa saja bertahan hidup tanpa makan namun beda lagi bila manusia hidup tanpa air sudah pasti tidak akan bertahan lebih dari tiga hari. begitu sangat penting air dikehidupan manusia. peran air tidak sebatas pada minum, lebih dari itu air banyak juga dibutuhkan untuk mandi, mencuci, buang air dsb. tak sebanding dengan kebutuhan, keberadaan air bersih justru sangat sedikit. di Jakarta sendiri agak sulit mendapatkan air bersih. akhirnya kami warganya harus menggali lebih dalam agar mesin pompa air bisa mendapatkan air lebih banyak. di jakrta hampir setiap rumah memiliki mesin pompa air, dengan kapasitas sedotan berbeda dan dalam galian pipanya yang bervarian. semakin kaya semakin dia mampu membeli mesin air besar yang berkapasitas tinggi, dan mampu membayar tukang untuk menggali lebih dalam. lain halnya dengan mereka yang tinggal dikontrakan, para perantau ibu kota harus bersabar menunggu bak penuh saat mau mandi karena mesin pompa air murahan dan galian yang cetek. kondisi seperti ini sangat memprihatinkan, karena terdapat kesenjangan exploitasi air tanah antara mereka yang kaya dan yang miskin. padahal hakikatnya air bersih adalah hak bersama, dinikmati dan digunakan untuk kebaikan seluruh warga negara baik yang kaya maupun yang miskin.

2.      Melarang Exploitasi untuk kepentingan individu
Karena air adalah sumber alam milik bersama maka seperti diatas saya sebutkan tidak boleh ada kesenjangan pemanfaaatan dari sumber air itu yang satu dengan yang lain maka untuk mewujudkannya pemerintah harus mengakuisi perusahaan air milik swasta agar tak ada eksploitasi untuk kepentingan individu, dan juga agar pasokan air lebih merata

3.      Memperbaiki insfratuktur
Agar air bersih bisa dijangkau dengan semua kalangan maka perbaikan insfrastruktur harus dibenahi. dimesir, pembangunan insfrastruktur air perpipaan dilakukan dengan skala besar-besaran, karena mereka tau itu adalah proyek jangka panjang dan demi kehidupan warganya.  Berbeda dengan dikomplek belakang rumah saya dijakarta.  disana sering terjadi kebocoran air pipa, yang berdampak kerugian bukan hanya pada perusaahaan tapi konsumen juga.

4.      Memberikan biaya murah
Mengajak segenap masyarakat untuk menggunakan air bersih perpipaan seperti aetra tidaklah mudah. Mereka lebih nyaman dengan air tanah walaupun polemik isu kerusakan yang disebabkan air galian tanah sebenarnya sudah lama berdengung, artikel dengan berbagai macam media sudah digemborkan. masyarakat tidak merespon, mungkin ada tapi hanya sedikit.  saya sendiri sering juga membaca artikelnya akan bahaya kerusakan yang terjadi akibat exploitasi air tanah yang berlebihan, saya tetap gak bergeming, keluarga saya masih menggunakan air tanah seperti kebanyakan orang. Karena masyarakat nggak mau ribet apalagi menambah biaya tagihan air yang mahal. Berkaca sedikit Dimesir sendiri masyarakatnya tidak pernah memikirkan tagihan air karena sangat murah.

5.      Menjaga kelestarian sungai
Perusahaan air sebaiknya tidak hanya mengandalkan air waduk, dia juga harus menjaga kelestarian sungai sungai didaerahnya yang nantinya berakhir diwaduk, seperti yang dilakukan pemerintah mesir walau ada waduk atau bendungan Aswan, akan tetapi sungai nil juga tetap dijaga, akhirnya air disungai nil tetap bersih dan bisa langsung disuling.

Saya hanya warga biasa aksi kecilku dan keluarga hanya berhemat air, mengikuti kampanye ayahku dengan striker entah darimana yang beliau tempel dikamar mandi diatas keran bertuliskan “HEMAT AIR”

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts