Membunuh Atau Dibunuh (2)

18.00



Halaqah 4 ::

Kebidaban manusia lahir dari sifat hewani yang tumbuh dalam diri, hal ini sangat bahaya bila dibiarkan, maka agama dan moral kemanusiaan adalah benteng terakhir dari semua sifat hewani manusia. jika benteng agama retak maka benteng kedua yaitu moral kemanusiaan harus dipertahankan. jika tidak maka manusia akan lepas kontrol bahkan lebih beringas dari hewan buas, dan lebih kejam dari iblis. saat tulisan ini dibuat beberapa terjadi pembunuhan tak bertanggungjawab terhadap Anak anak dan pemuda di Syiria yang dilancarkan oleh berbagai pihak dengan banyak kepentingan, Rezim Bashr Asad atau Amerika Dkk. itu menurut berita yang beredar di masyarakat. namun saya ragu akan kebenaran kabar itu. dan dua hari yang lalu terjadi pengeboman didalam Gereja Kristen di daerah Alexandria dan Tanta di Mesir saat umat kristiani melakukan ibadah. Padahal Baba Vatikan sedang berada di Mesir saat ini dalam kunjungan agama untuk memperingati Hari Paskah. Hal ini membuat kerenggangan harmonisme beragama di Mesir, bahkan Di Dunia. Haruskah Genosida itu terulang seperti dilakukan Nazi? Haruskah Membunuh Orang lain karena agama seperti Sabra dan Satila? Haruskah membantai manusia karena kekayaan harta seperti perang teluk? 

Wal Iyadzu Billah


_________________________________________________________________________________________________________________________

Hukum Membunuh Sesama Muslim ::

Jelas sekali hukumnya adalah haram, membunuh manusia adalah salah satu dosa besar dalam Islam. pelakunya harus mendapatkan hukum qisash bila walinya tidak menerima uang tembusan. bahkan pelaku pembunuhan mendapatkan hukuman di akherat apabila tidak diqisash. seperti disebutkan dalam Al Quran:



وَمَن يَقۡتُلۡ مُؤۡمِنً۬ا مُّتَعَمِّدً۬ا فَجَزَآؤُهُ ۥ جَهَنَّمُ خَـٰلِدً۬ا فِيہَا وَغَضِبَ ٱللَّهُ عَلَيۡهِ وَلَعَنَهُ ۥ وَأَعَدَّ لَهُ ۥ عَذَابًا عَظِيمً۬ا (٩٣)

Dan barangsiapa yang membunuh seorang mu’min dengan sengaja, maka balasannya ialah Jahannam, kekal ia di dalamnya dan Allah murka kepadanya, dan mengutukinya serta menyediakan azab yang besar baginya. (Q.S An-Nisa; 93)


dalam ayat tersebut membunuh seorang muslim akan mendapatkan hukuman yang berat diakherat
bila tidak dihukum didunia. 

1. Masuk Kedalam Neraka Jahanam
2. Kekal Didalamnya
3. Allah Marah
4. Allah Melaknat
5. Diadzab Dengan Pedih

itulah pertanda Islam sangat menghargai setiap jiwa yang hidup. bahkan kepada hewan yang ingin disembelih untuk kurban. apalagi Manusia selaku  Khalifah Allah SWT di muka bumi.  lebih lebih manusia yang beriman kepada Allah SWT.

Suatu saat pun Rasulullah SAW pernah marah terhadap panglima yang membunuh musuh yang bersyahadat.Kenapa? karena musuh telah bersaksi ketuhanan Allah dan Kerasulan Nabi Muhammad.



Bersambung.............



Intisari Kalam;; Syeikh Umar Hasyim
Kitab Faidul Bari Syarah Kitab Shahih Bukhari
Bab Iman
Matannya;
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَرْعَرَةَ، قَالَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ زُبَيْدٍ، قَالَ سَأَلْتُ أَبَا وَائِلٍ عَنِ الْمُرْجِئَةِ،، فَقَالَ حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ، 


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts