Membunuh Atau Dibunuh? (1)

17.34



Halaqah 3;;

Setiap nyawa memiliki hak hidup, itu sudah digariskan oleh Allah SWT. Mengambil hak orang lain adalah perbuatan dzalim dan termasuk dosa besar, apalagi yang diambil adalah hak hidup dari manusia. aksi kebejatan sesama manusia telah menjadi tinta merah dalalm sejarah peradaban manusia. pembunuhan, pembantaian sampai penyiksaan yang berujung kematian banyak sekali terjadi, baik bersifat perorangan atau secara masal. mulai dari terencana maupun tidak terencana. kejadian serupa terus terulang dalam sejarah panjang manusia bahkan sampai saat ini, pembunuhan manusia yang kejam dan beringas, seakan nyawa dianggap barang murah yang bisa dilakukan seenaknya. beberapa hari yang lalu terdengar lagi jeritan saudara kita di Syiria yang dibunuh dengan keji dan biadab, yang dilakukan oleh orang yang tak berkeprimanusiaan,. perih rasanya hati ini melihat kejadian seperti itu terulang lagi. anak kecil bergelimpangan bagai ikan keluar dari air, sesak pengap dan tak bisa nafas, akibat gas beracun yang ditembakkan ke kota mereka. Hasbiyallah Wa Ni'mal Wakil Ni'mal Maula Wa Ni'mal Naashir.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Bolehkah Kita Membunuh Manusia?::

Islam sangat menghargai kehidupan, itulah sebabnya dalam Islam ada hukum Qisash, Untuk menjaga hak hidup yang dimiliki manusia.berdasarkan Firman Allah SWT:


وَلَكُمۡ فِى ٱلۡقِصَاصِ حَيَوٰةٌ۬ يَـٰٓأُوْلِى ٱلۡأَلۡبَـٰبِ لَعَلَّڪُمۡ تَتَّقُونَ (١٧٩)

. Dan dalam qishaash itu ada (jaminan kelangsungan) hidup bagimu, hai orang-orang yang berakal, supaya kamu bertakwa. (Q.S Al Baqarah; 179)

berdasarkan firman ini Islam memberi jaminan kehidupan manusia secara hukum di Dunia. dengan adanya hukum Qisash ini. itu menandakan betapa besar nikmat hidup. sehingga hak hidup setiap manusia sangat djunjung tinggi oleh Islam agar tidak ada yang bisa sembarangan membunuh sesama manusia.


Bersambung.............



Intisari Kalam;; Syeikh Umar Hasyim
Kitab Faidul Bari Syarah Kitab Shahih Bukhari
Bab Iman
Matannya;
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَرْعَرَةَ، قَالَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ زُبَيْدٍ، قَالَ سَأَلْتُ أَبَا وَائِلٍ عَنِ الْمُرْجِئَةِ،، فَقَالَ حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ، أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ "‏ سِبَابُ الْمُسْلِمِ فُسُوقٌ، وَقِتَالُهُ كُفْرٌ ‏"‏‏

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts